Wednesday 24 June 2015

Kunjungan ke LAPAN!


Halo! sebagai post pertama gue setelah intro, gue bakal ceritain pengalaman gue waktu gue dan sekolah gue kunjungan ke LAPAN.

Sebelum gue ceritain, pasti ada yang nanya , apa sih LAPAN itu? Tenang gue jelasin. LAPAN adalah akronim dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Itu apasih ? Nah itu adalah sebuah lembaga pemerintah non-kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri yang membidangi urusan pemerintahan di bidang riset dan teknologi. LAPAN itu singkatnya space agency-nya indonesia lah, kalau di amerika sono dia punya NASA yang terkenal, di europe dia punya ESA,kalau d jepang dia punya  JAXA, lengkapnya bisa di cek di https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_government_space_agencies kalau lo penasaran.

LAPAN ini sendiri terbagi lagi jadi 3 deputi. Yang pertama ada deputi bidang pengindraan jarak jauh, nah deputi ini lebih terfokus dengan yang berhubungan sama Remote Sensing. Kalau yang kedua ada Deputi bidang sains, kalau disini bakal lebih terfokus dengan yang berhubungan dengan namanya Space Science. Nah untuk yang ketiga ini adalah deputi yang gue kunjungin, karena setiap deputi punay tempat penelitianya sendiri sendiri, deputi ini adalah deputi perdigantaraan, ini adalah deputi yang berkaitan dengan perdigantaraan seperti pesawat,roket dan kawan kawanya. Tenang deputi ini bakal gue jelaskan lebih dalam.

Singkat cerita, gue sekolah di SMA Al-Taqwa College Indonesia, iya mungkin gak banyak orang yang kenal dengan sekolah ini, masih baru kok, angkatan gue aja cuman ada 5 murid o.O bahkan bimbel lebih banyak muridnya hahaha. Nah karena sekolah ini masih dibilang belum faseh dalam dunia pendidikan, banyak banget hal hal yang ngedadak. Jadi, kunjungan ke Lapan ini pun ngedadak banget mungkin baru di rencanakan 2 minggu sebelumnya.

Oke, lanjut. Jadi ceritanya, awalnya gue tau dari temen kelas gue, mungkin karena dia tau gue suka sama hal berbau keantariksaan akhirnya dia keceplosan ngasih tau gue. 

"eh el! tau gak abis kita physics exam entar bakal ada excursion."
"heee serius?" 
"iya, tapi jangan bilang sapa sapa ya, kita bakal ke LAPAN"
"HEEEEEEEE!?!?!" 

kirakira kaya gitu lah, gue lupa persisnya gimana. Disitu gue excited banget, gara-gara gue liat di anime namanya Uchuu Kyoudai itu tokoh utamanya dari kecil hobi ngunjungin JAXA akhirnya dia jadi manusia jepang pertama yang mendarat di bulan! Nah siapa tau dengan kunjungan gue ke LAPAN gue bisa, seenggaknya, ke luar angkasa. Amiin.

Nah akhirnya datang di hari yang di tunggu tunggu. Kamis, 11 Juni 2015. Di surat edaranya sih katanya bakal berangkat jam 6.30 pagi. Karena mungkin saking excited-nya gue udah sampe di tempat janjian sama bis sekolah dari jam 6.00 pagi dan belom ada siapa siapa. Singkat cerita, waktu udah menunjukan jam 07.00, dan yang dateng baru sekitar 10 orang, bis pun datang bersama 2 orang guru. Dari situ kita langsung melanjutkan perjalanan karena takut telat dan tempatnya lumayan jauh.

Setelah melewati perjalanan jauh dan keadaan jalanan yang rusak nan berkelok kelok kita pun sampai di Kantor Rumpin Pustekbang LAPAN sekitar pukul 09.00. Reaksi gue pas sampe depan gerbangnya semangat banget tuh. Dari depan aja udah ada patung pesawat. Terus kita sampai di kantor utamanya, disitu pas gue masuk ke dalem agak mengecewakan. Karena gak seusai dengan ekspetasi gue. Ekspetasi gue kan kayak di film film dokumentasinya NASA keren gitu dalemnya, ternyata jauh coy.
Tapi tetep, semangat gue gak ilang kok. Di sambut tuh gue dengan 11 orang lainya masuk kedalem. Hal yang gue lakuin adalah gue keluarin kamera gue dan langsung langsung gue foto foto sembari baca artikel artikel yang tertera. Padahal yang lain, bahkan semua muridnya, malah langsung pada ke toilet. Abis itu gue ngeliat guru fisika gue, miss Vivi, lagi asik ngobrol sama karyawan LAPAN nya. Alhasil karena gue orangnya kepo, gue datengin lah.

"ngomongin apa miss?"
"dih ikut ikut aja, ini ternyata kita gak bisa ke bagian pembuatan roketnya el. padahal deket cuman 3km doang dari sini."
"haa serius? yaahh gak seru dong miss padahal kan el pengen banget miss"
"iya tau nih si bapak nya."
"begini, kunjungan ke pembuatan roket untuk alasan keamanan dan privasi cuman boleh buat orang orang tertentu dan minimal sudah mahasiswa saja, takutnya kan kalau masih kecil-kecil gini pegang pegang bahan kimianya, ntar malah  keracunan."
"yaudah pak saya aja sama guru saya, gimana? :D"
"hahahahaha"

Alhasil gue kecewa tuh padahal gue pengen banget bisa liat kesana. Kan bisa liat gimana kerjaan gue entar di masa depan, amiin.

Masuklah kita ber-12 ke ruang konfrensinya untuk seminar. Sebelum masuk kita di kasih notebook, tapi gak gue pake karena gue memutuskan buat nulis seminarnya pake hp aja. Buat apa di ciptakan hp, pikir gue. Alesan aja sih, padahal gara-gara tulisan gw jelek hahaha. Oke lanjut ke sesi seminar.

Nah disini gue bakal bahas apa yang udah di presentasikan. Jadi, seminar ini lebih ke perkenalan tentang LAPAN bagian PUSTEKBANG. Apaan tuh? Seperti yang udah gw jelasin sebelumnya LAPAN kan terdiri dari 3 deputi. Nah kita sekarang lagi berada di deputi perdigantaraan. Kata mas masnya. Bagian perdigantaraan itu di bagi lagi menjadi 3 bagian lagi. Ada Pusat Teknologi Roket, yang tempatnya tadi gue bilang gak boleh di kunjungin karena lagi ada pembuatan roket, lalu Pusat Teknologi Satelit dan Pusat Teknologi Penerbangan. Nah, PUSTEKBANG adalah akronim dari pusat teknologi penerbangan. Terus dari situ PUSTEKBANG di bagi lagi jadi 4 bidang. Yang pertama yaitu teknologi aerodinamika, ini adalah bidang yang mempelajari tentang aerodinamika atau gaya gaya yang ada pada pesawat terbang. Nah mungkin ini bakal jadi bidang gue kedepannya, amin. Terus yang kedua ada teknologi propulsi, yaitu bidang yang mempelajari tentang mesin yang memberi gaya dorong pada pesawat, nah ini tempatnya anak anak teknik mesin.  Terus yang ketiga ada teknologi aerostruktur, ini adalah bidang yang mempelajari tentang kontruksi pesawat terbang, bidangnya pak B.J Habibie. Dan yang terakhir ada teknologi avionik , ini adalah bidang yang mempelajari sistem navigasi dan kendali pesawat, bidang ini yang ngebuat adanya sistem autopilot.
Nah abis itu, disitu juga di jelasin project project lapan dan juga prestasi prestasi lapan.

Setelah acara seminar, ada sesi kunjungan kunjungan ke tempat tempat di lapan itu. Pertama tama kita berkunjung ke tempat yang namannya Terowongan Angin. Apaan itu sih? Adalah sebuah terowongan yang dibuat sedemikian rupa untuk menguji benda benda yang berhubungan dengan kecepatan angin. Detilnya 

Terowongan angin atau wind tunnel adalah alat yang digunakan dalam penelitian aerodinamis untuk mempelajari efek dari udara yang bergerak melewati benda padat. Sebuah terowongan angin terdiri dari bagian tubular tertutup dengan objek yang diuji dipasang di tengah. Sebuah sistem fan yang kuat menggerakkan udara melewati objek; kipas harus meluruskan baling-baling untuk kelancaran aliran udara. Benda uji diinstrumentasi dengan keseimbangan sensitif untuk mengukur kekuatan yang dihasilkan oleh aliran udara; atau, aliran udara mungkin memiliki asap atau zat lain disuntikkan untuk membuat garis aliran di sekitar objek terlihat.
sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Wind_tunnel

Disitu kita di liatin tuh cara kerjanya gimana, buat apa, bagaimana. keren banget lah pokoknya mah. Terus yang paling asiknya kita di bolehin masuk ke terowonganya, tapi ya gak di nyalain jga anginya xD

Abis dari terowongan angin kita lanjut ke ruangan satelit, walaupun ini pustekbang, tetep ada tempat pengendalian satelit, namanya Stasiun Bumi. Disana tuh di liatin tuh satelit apa aja yang lapan punya, buat apa, hasilnya gimana, gimana ngendaliinya. Ruang kontrolnya keren , udah kayak ruang ruang kontrol di NASA hahaha cuman versi mininya aja. Mungkin kalau di NASA ada 50 komputer, disini cuman 10 komputer. Tapi keren kok!

Ada cerita nih abis dari ruang satelit, kita keluar terus ada suara pesawat gitu, gue refleks lah ke atas nyari2 , kebetulan jam 12 disitu jadi posisi matahari lagi tepat di atas, pas gue ke atas nyari gak nemu apa apaan , tapi temen gue satu ngeliat, si Zahra.

"oi suara apaan dah itu ? mana gue gak ngeliat"
"pesawat itu mah"
"mana mana mana? gue gak liat"
"itu el di atas ada tadi"
"mana zah mana? mana dah? gak ada"
"tadi ada item item gitu "
"ah serius? boong kali boong"
"seriuss"
"boong ah"
"serah."

Abis itu gak berani lagi gue nanya , percaya deh akhirnya gue, mungkin mata guenya aja yang lagi gak singkron.


Terus kita ke ruang propulsi, disana diliatin pesawat pesawat tanpa awaknya buatan lapan! ada mulai dari LSU-01 sampe LSU-05 ada disana. Terus disana gak ada orang kan ya jadi cuman kaya liat liat doang, gak ada guideny.

Abis itu kita lanjut ke ruangan aerodinamika, dimana disini tempat orang orang mempelajari gaya gaya pesawat, nah disini nih kata mas masnya sih intinya mekanika dan matematikanya harus kuat. kita entar ngitung gaya-gaya pada pesawat yang lagi di buat, di itung gaya dorongnya harus berapa buat ketinggian segini dengan masa segini, gitu deh. Terus disitu juga ada kakak kakak mahasiswa/siswi yang lagi nugas di sana. Ada dari Elektro ugm, terus ada juga calon senior, dari Fakultas Mesin dan Dirgantara ITB. Pas liat reflek liat stiker di laptopnya , tulisanya, "Kuat,Erat,Satu, FTMD." Woaaa!! keren itu sih sloganya. Miss Vivi tiba tiba nanya ke satu satunya mahasiswi disana.

"Eh kalau cewek sepi ya di FTMD?"
"Oh iya kak sepi disana kalau cewek."
"susah gak masuk FTMD"
"....." <<< gue gak denger, suaranya kecil
"oalah ada calon junior tuh murid miss mau kesana."
"wahahaha"
"nih murid nya nih" , sambil nunjuk nunjuk gue, langsung dah malu malu dan akhirnya cuman bisa ketawa.
"boleh minta kontaknya gak? emailnya gitu."
"oh iya boleh kak"

nah langsung beliau ngasih emailnya ke gue via line, gue juga gak ngerti buat apa, tapi siapa ta berguna deh.

Lanjut ke dalem ruangan avionik , disana juga ada simulator pesawat, temen gue, asis dan jordan, langsung nyoba make. awalnnya mereka kebingungan, tapi setelah di ajarin mereka lancar juga. Gue mau ikutan nyoba tapi males, rame banget disana, gue yang kebetulan kurang suka keramaian lebih memilih untuk melipir keluar terus duduk.

Abis dari situ kita lanjut untuk makan siang dan seremonial penutupan. kita pulang sekitar jam 01.30. dari situ kita sampai di salah satu mall di sentul buat nunggu di jemput.

Nah ini nih foto foto saat disana.
Nah ini patung pesawat yang gue ceritain tadi



Ini salah satu pesawat yang udah di buat sama LAPAN, N219.

nah ini orang orang yang ikut.

Dibelakang itu miniatur miniatur pesawat yang udah
 LAPAN buat

Gue, dan Jordan. Mata gue ilang.

Smoke, digunakan untung melihat angin di dalam 
terowongan angin.

Nah itu lagi ngetes pesawat di dalem
terowongan angin

Tunnel Control.

Di dalem terowongan angin.

Jordan.

Ruang Propulsi.

Di belakang adalah pesawat pesawat
Tanpa awak buatan LAPAN.

LSU-05

LSU-03


Nah segitu dulu, next post bakal tentang liburan gw ke bromo,tunggu aja! see ya!

L Web Developer

No comments:

Post a Comment